RPP

RENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata pelajaran             : Kimia
Materi pokok               : Hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari
Kelas/semester            : X/genap
Alokasi waktu             : 1 x 25 menit

I.                   Standar kompetensi
-          Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul

II.                Kompetensi dasar
-          Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika.

III.             Indikator
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang pangan
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi industri petrokimia

IV.             Tujuan Pembelajaran
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang pangan
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika
-          Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi industri petrokimia

V.                Materi Pembelajaran
A. Kegunaan Hidrokarbon. Hidrokarbon banyak memberi manfaat bagi kebutuhan manusia, baik dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika. Dalam hal ini akan dipaparkan kegunaan hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia, yaitu dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika.
1. Bidang pangan. Jika sudah berbicara kegunaan hidrokarbon dalam bidang pangan, maka bahasanya bukan hidrokarbon murni lagi, tapi sedikit lebih luas yaitu karbohidrat. Karbohidrat merupakan senyawa karbon, hidrogen dan oksigen yang terdapat dalam alam.
Tipe karbohidrat
• Monosakarida. Monosakarida adalah suatu karbohidrat yang tersederhana yang tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih kecil lagi.
- Glukosa / gula anggur banyak terdapat dalam buah , jagung, dan madu.
- Fruktosa dan galaktosa
• Disakarida. Disakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari dua monosakarida.
- Maltosa (glukosa + glukosa), Laktosa (glukosa + galaktosa), terdapat dalam susu sapi dan 5-8% dalam susu ibu, dan Sukrosa (glukosa + fruktosa).
• Polisakarida. Polisakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari banyak monosakarida. Kegunaan hidrokarbon pada polisakarida dalam bidang pangan seperti beras, pati, jagung, dll.
2. Bidang sandang. Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Contohnya pakaian terbuat dari polyester, kecuali bahan dasar dari katun, sutra.
3. Bidang papan. Bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG, yaitu polimer dari propilena, yaitu senyawa olefin / alkena dari rantai karbon C3. Dari bahan plastik inilah kemudian jadi macam, mulai dari atap rumah (genteng plastik), furniture, peralatan interior rumah, bemper mobil, meja, kursi, piring, dll.
4. Bidang seni. Sementara untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala, dll.
5. Bidang estetika. Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi mungkin lebihluas lagi dengan penambahan kosmetika. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Misal lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya, farmasi atau semir sepatu.
B. Industri Petrokimia. Kegunaan hidrokarbon pada bidang sandang, papan, seni, dan estetika dapat kita peroleh dari hasil industri petrokimia. Industri petrokimia adalah industri yang bahan industrinya berasal dari bahan bakar, minyak dan gas bumi (gas alam).
1. Petrokimia dari olefina. Beberapa diantara produk petrokimia yang berbahan dasar etilena sebagai berikut:
- Polietilena. polietilena adalah plastik yang paling banyak diproduksi. Plastik polietilena antara lain digunakan sebagai kantong plastik dan plastik pembungkus / sampul.
- PVC. PVC atau polivinilklorida juga merupkan plastik, yang antara lain digunakan untuk membuat pipa (pralon) dan pelapis lantai.
- Etanol. Etanol adalah bahan yang sehari-hari biasa kita kenal sebagai alkohol. Etanol digunakan untuk bahan baker atau bahan antara untuk berbagai produk lain, misalnya asam asetat.
- Etilena glikol atau glikol. Glikol digunakan sebagai bahan antibeku dalam radiator mobil di daerah beriklim dingin.
b. beberapa diantara produk petrokimia yang berbahan dasar propilena sebagai berikut:
- Polipropilena. Plastik prolpilena lebih kuat dibandingkan dengan plastik polietilena. Polipropilena antara lain digunakan untuk karung plastic dan tali plastik.
- Gliserol. Zat ini antara lain digunakan sebagai bahan kosmetik (pelembab).
- Isopropyl alkohol. Zat ini digunakan sebagai bahan antara untuk berbagai produk petrokimia lainnya misalnya aseton (bahan pelarut, digunakan untuk melarutkan pelapis kuku /kutek)

c. Beberapa diantara produk petrokimia yang berbahan dasar butillena sebagai berikut:
- karet sintetis, seperti SBR (styrene-butadiena-rubber).
- nilon, yaitu nilon 6,6.
d. Produk petrokimia yang berbahan dasar isobutilena antara lain adalah MTBE (metal tertiary butyl eter).

VI.             Model dan Metode pembelajaran
Model pembelajaran          : model pembelajaran kooperatif
Metode                              : - penyampaian informasi
                                            - eksperiment/demostrasi
                                            - group investigation
                                            - penugasan

VII.          Proses belajar mengajar
Kegiatan
Tahap pembelajaran
Kegiatan guru dan siswa
Alokasi waktu
Sumber bahan/alat
1.         Pendahuluan












2.         Pembentukan konsep






3.         Interprestasi data







4.         Aplikasi konsep/prinsip








5.         penutup
Penyajian












Penyajian







Mengidentifikasi, menjelaskan dan menyimpulkan






Berhipotesis dan menjelaskan hipotesis







Menguji ramalan
a.    Guru menanyakan pengertian hidrokarbon,  petrokimia, produk yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

b.   Siswa disuruh menyebutkan contoh hidrokarbon dan petrokimia yang digunakan dalam pembuatan produk yang ada dikehidupan sehari-hari, misalnya kantong plastik



a.    Siswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok, tiap kelompok diminta mengelompokkan bahan-bahan yang ada dimeja kedalam kelompok produk petrokimia, ditempelkan pada format karton yang tersedia

a.    Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk mengidentifikasi zat/bahan kimia yang tergolong hidrokarbon dan petrokimia tergolong dalam kehidupan sehari-hari
b.   Siswa membuat kesimpulan

a.      Guru meminta kelompok siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
b.      Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa tentang :
-          Berikan contoh lain dari hidrokarbon dan petrokimia

Siswa diminta menyebutkan :
a.       contoh dari hidrokarbon
b.      berbagai contoh etilena, propilena, isobutilena, benzena
5 menit












10 menit
















5 menit









5 menit
Buku kimia : kelas X, internet

Bahan : kantong plastik, sampul, pipa pralon, tali plastik, bahan kosmetik (pelembab), aseton, nilon, gambar-gambar yang mendukung.

Alat : karton, double tif, isolasi, gunting

I made this widget at MyFlashFetish.com.